Kamis, 19 November 2015

Membaca kenapa disepelekan?

Kok bisa?
Lho? Mustahil.



Suka sedih sendiri kalo lagi pelajaran Bahasa Indonesia, ada materi baca memindai. Kalo disuruh praktek, dihitung waktunya. Pasti gue kecepatan bacanya. Gangerti lagi, padahal emang gue bacanya ya begitu. Tapi respon guru gue dari SMP sampai SMA sama,

"Lho kok bisa bacanya cepet banget? Gak baca ya?"
"Mustahil buat anak SMA baca 1000 kata dalam waktu satu menit."

Atuhlah sedih banget, berasa ga di percaya in pisan. Padahal kalo udah segitu ya mau diapakan lagi [?]. Pas SMP pernah kepikiran sih, apa gue punya kelainan membaca ya? Haha. Tapi gak terlalu di bebanin sih, cuma ya penasaran aja. Akhirnya gue searching, ternyata kalau semakin sering kita membaca, semakin bertambah pula kecepatan membaca kita. Dari situ sih, udah mulai bodo amatan ya. Mau dibilang mustahil atau gimana. Karena emang aslinya gue suka membaca, apalagi Novel kan. Haha. Tapi entah kenapa semenjak SMA kan jarang banget nonton TV karena emang kalo dirumah juga dikamar terus jarang keluar. Apalagi keluar rumah, paling kalo ada tugas sekolah, atau emang ya sekolah doang. Jadi yaa, bisa di bayangkan kan, kalau keluar buat nonton TV aja tuh males banget. Paling kalo mau nonton ya paling nonton Film dari laptop atau handphone, paling sering sih nonton Kamen Rider wkaka. Ga sempet nonton berita, alhasil gue download lah aplikasi baca berita biar gue gak kudet-kudet banget sama kejadian diluar sana.
Nah, mulai dari situ kayanya gue tambah doyan aja baca. Tapi kenapa kalo baca buku pelajaran rasanya beda ya[?] Haha. Gue juga seneng banget baca novel Fiksi-fiksi, apalagi kalo Filmnya keluar dibioskop. Rasanya ngebet banget mau ke bioskop. Tapi kalo di bioskop tuh ngantukin. Wkaka. 

Intinya sih, kayanya gue gak boleh sedih lagi kalo kecepatan membaca gue dibilang mustahil. Haha, karena emang gue suka baca dan kalau seseorang rajin membaca kecepatan membaca nya juga meningkat. Haha. Tapi, entah kenapa susah banget nemuin orang yang sama kaya gue. Padahal kan kalo ketemu orang yang juga suka membaca genre yang sama sama gue kayanya bakalan asyik banget. Paling sekalinya ketemu, temen yang suka baca Novel. Itupun mereka ga antusias banget kalo ngebahas apa yang mereka baca. ZZZ. Padahal membaca itu penting yak, tapi kenapa orang malah malas buat membaca? Andai aja, sekolah gue Perpus nya penuh buku yang mau banget gue baca. Gue jadi kutubuku, dibilang kutubuku nongkrong di Perpus mulu gapapa dah, yang penting gue bisa baca buku banyak-banyak tanpa harus membelinya wkaka. Soalnya kalo gue beli buku, gue bacanya sekali doang abis itu kalo gue udah tau isinya entah kenapa gue malas banget buka buku yang sama lagi, kecuali emang ada hal penting yang ada di buku itu yang gue ingat. Misalnya kaya buku pelajaran gitu heuehe. Kapan ya gue punya sekolah yang Perpusnya penuh buku yang mau gue baca, ga cuma buku pelajaran yang isinya itu-itu aja. Gue juga mau buku-buku Teori. Gamau buku MATEMATIKA, BOLOGI, FISIKA, KIMIA Kelas XI gitu misalnya. Haduuu, mau teori jugaaa, atau debat-debatnya apalah itu. Biar nggak bosen liat buku, kalo ga pembahasan ya soal. ZZZZ

Mau banget, punya teman yang suka membaca juga. Yang suka beneran, ga cuma bohongan. Mau banget, punya temen baca yang bisa diajak sharing tentang debatnya Richard Dawkins, Darwin, sama filsafat-filsafat Scorates, dan masih banyak lagi. Kenapa ya? Anak sekolah jaman sekarang lebih suka buka internet buat sekedar chatting atau main game? Bukannya sayang? Kalo punya handphone bagus-bagus tapi ga digunain buat membaca kalo emang males buat beli buku. Padahal kalo kata Ayah gue, jaman dulu tuh kalo mau baca buku selain buku pelajaran tuh butuh perjuangan. Ga cuma tinggal download PDF nya terus baca dan selesai. Kita hidup di jaman modern lho, jangan sampai koneksi internet dunia mati, dan kita bakalan kesulitan lagi buat baca buku yang kita mau. Apa aja. Sayang lho, kalo kemajuan teknologi gini ga di manfaatkan. Sayang banget malah. Padahal jaman kita itu jaman-jamannya di permudah sama mbah Google, tinggal ke mbah Google lha semua beres kan. Tapi kenapa ke mbah Google malah buat hal-hal yang tidak seharusnya di lakukan?
Share:

0 komentar:

Posting Komentar